Selasa, 10 Januari 2017

Dampak Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Nama : Raden Velia Rizki Awalia 
Kelas : 1DF03
NPM : 55216921


Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini telah berkembang sangat pesat dan melaju terus kedepan. Perkembangan teknologi atau IPTEK telah memberikan perubahan yang signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat. 
Disamping banyak memberikan pengaruh serta manfaat yang bersifat positif, perkembangan IPTEK juga banyak memberikan pengaruh yang bersifat negatif dalam perkembangannya. Berikut dampak positif dan negatif dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam berbagai bidang : 

   1.    Bidang Informasi dan Komunikasi   
   Dalam bidang ini telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan merasakan dapat positif antara lain :
·        Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru dibumi bagian manapun melalui internet
·        Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handpone.
·        Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

Disamping keuntungan keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan teknologi juga dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif, seperti :
·        Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
·        Penggunaan informasi tertentu dan situs yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan oleh pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
·        Kecemasan teknologi, seperti kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer, dan lain-lain.
  2.    Bidang Pendidikan
 Peran penting IPTEK dalam bidang pendidikan sebagai berikut :
·        Munculnya media masa, khususnya media elektonik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
·        Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat, seperti penggandaan soal ujian dengan adanya mesin foto copy untuk memenuhi kebutuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.
·        System pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
·        Adanya system pengelolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi.
Setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulu dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan media teknologi sepert, komputer yang dapat mengelolah data dengan memanfaatkan berbagai program.

Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
·        Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakkan kriminal.
Dengan kemajuan dibidang pendidikan kita dapat mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi, tetapi mempunyai moral yang rendah.
·        Siswa menjadi malas belajar karena banyak diantara mereka yang mengabiskan waktunya untuk menggunakan jejaring sosial seperti, facebook, twitter, dan lain-lain.

  3.    Bidang Ekonomi dan Industri
  Dalam bidang ekonpmi, perkembangan teknologi sangat pesat. Dari kemajuan  teknologi tersebut kita dapat merasakan manfaat positifnya, antara lain:
·        Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
·        Terjadinya industrilisasi.
·        Produktifitas dunia industry semakin meningkat.
·        Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
·        Kemajuan ekonomi mampu menghasilkan produk kedokteran menjadi komuditi.

Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain :
·        Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
·        Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instan”

  4.    Bidang Sosial dan Budaya
 Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat dampak positifnya terhadap perkembangan   di bidang sosial dan budaya, yaitu :
·        Perbedaan keperibadian pria dan wanita.
·        Meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan disi sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh sehingga bangsa-bangsa Barat tidak dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
·        Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.

Dengan demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negative pada aspek sosial dan budaya, seperti :
·        Kemerosotan nilai moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan pelajar dan remaja.
·        Kenakalan dan tindakkan yang menyimpang dikalangan remaja semakin meningkat, semakin lemahnya kewajiban tradisi-tradisi yang ada dimasyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong, yang telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan dalam menciptakan kesatuan sosial.
·        Pola interaksi antar manusia yang berubah dengan bantuan gadget, yang membuat orang-orang menjadi sibuk dengan dunianya sendiri.

Sumber :
http://novigusman.blogspot.co.id/2014/06/dampak-positif-dan-negatif-iptek-dalam.html?m=1
https://arum05.wordpress.com/2011/03/17/dampak-positif-dan-negatif-dalam-perkembangan-teknologi-informasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar