Jumat, 25 November 2016




Contoh Prilaku Manusia yang Dapat Merubah Tatanan Lingkungan



Nama : Raden Velia Rizki Awalia 
kelas : 1DF03
Npm : 55216921 

Di bawah ini adalah prilaku dan kegiatan manusia yang dapat merubah tatanan lingkungan dari mulai darat, udara dan laut. 

1. Prilaku Manusia yang Menyebabkan Kerusakan Tanah 

  • Membuang sampah disembarang tempat dapat menyebabkan saluran air tersumbat, mengganggu sirkulasi udara dalam tanah (forus).
  • penggunaan kemasan plastik yang berlebihan, plastik termasuk barang yang sangat lambat hancur, sehingga jika penggunaan plastik yang berlebihan akan menambah besar volume sampah yang tidak terdaur ulang secara alami. sebaiknya kita mengurangi pengggunaan plastik, sepeti yang kita sering gunakan yaitu kantong kresek, dan kita dapat menggantinya dengan kantong yang ramah lingkungan.
  • penebangan dan pembakaran hutan secara liar, menyebabkan tanah tidak dapat menyerap air, terjadi banjir, tanah longsor dan erosi. Hutan adalah sumber pemenuhan kebutuhan akan kayu. Akibatnya, penebangan pohon dilakukan tidak terbatas. penebangan pohon juga dapat mengurangi fungsi hutan sebagai penyerapan dan penahan air. Akibatnya daya dukung hutan menjadi berkurang. Hilangnya habitat dan mahkluk hidup serta musnahnya spesies hewan dan tumbuhan, dapat terjadi akibat penebangan pohon yang tidak terkendali ini.
  • seiring bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal tenti saja semakin meningkat. Akibatnya, terjadi perubahan terhadap penggunaan lahan. Lahan pertanian yang tadinya luas, sekarang sedikit demi sedikit berubah fungsi menjadi pemukima. perubahan fungsi lahan pun tidak hanya terjadi pada lahan saja, hutan pun akan berkurang luasnya. Hasilnya, keseimbangan ekosistem pada hutan pun akan terganggu. 
2. Prilaku Manusia yang Menyebabkan Polusi Udara
  • Penggunaan mobil pribadi. Bila setiap orang menggunakan mobil pribadi di jalan raya, maka bukan hanya kemacetan saja menjadi masalahnya tetapi efisiensi penggunaan bahan bakar juga menjadi sangat rendah, pergunakan angkutan umum semaksimal mungkin.
  • menggunakan kendaraan yang mengeluarkan pembuangan asap yang berlebihan.  
3. Prilaku Manusia yang Menyebabkan Kerusakan Lingkungan Perairan
  • Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan, menyebabkan kerusakkan terumbu karang.
  • Pembuangan limbah pabrik ke sungai - sungai tanpa adanya pengelolahan limbah.
  • penambangan pasir laut, menyebabkan abrasi dan rusaknya pantik sehingga merusak ekosistem laut.  

 sumber :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar