Selasa, 20 Juni 2017

Kelompok 10

                      INVESTASI

1. Pengertian Investasi

investasi adalah penanaman modal atau penanaman uang dalam proses produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesin, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta perkembangannya
2. Jenis – jenis Investasi
Tabungan
Menyimpan sejumlah uang di bank yang dapat diambil dan dipergunakan di kemudian hari jika pemilik tabungan memerlukan. 

Deposito
Menyimpan uang untuk periode tertentu, bila belum jatuh tempo uang tidak dapat diambil atau akan mendapat penalti/ denda bila diambil sebelum waktunya.   Dendanya disesuaikan dengan kesepakatan yang telah diperjanjikan. 

Obligasi
Obligasi merupakan surat tanda bukti hutang, merupakan bukti bahwa kita memberikan hutang kepada perusahaan tertentu atau pemerintah. Pihak yang berhutang akan memberi bunga untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu pengembalian hutang lebih dari satu tahun. Obligasi yang paling aman adalah obligasi atau surat utang dari negara.

Saham
Memiliki saham berarti Anda memiliki kepemilikan dalam suatu perusahaan. Uang yang kita tanamkan dijadikan sebagai modal untuk perusahaan tersebut. Perusahaan akan memberikan keuntungan yang diterima kepada para pemegang saham yang disebut sebagai deviden. Bila dinilai baik atau banyak orang yang berminat untuk membeli saham suatu perusahaan, harganya akan naik, sehingga bila Anda menjual sahamnya akan memperoleh keuntungan dan sebaliknya.

3. Mengapa perusahaan Berinvestasi?

1. memiliki kelebihan kas yang tidak.       dibutuhkannya  untuk pembelian aset operasi dalam waktu dekat
2. memperoleh laba dari pendapatan investasi

4. Akuntansi untuk Investasi Utang
Mencatat perolehan obligasi
Pada saat perolehan, berlaku prinsip harga atau biaya perolehan (cost principle). Biaya perolehan meliputi seluruh pengeluaran yang diperlukan untuk memperoleh investasi.

Mencatat bunga obligasi

Mencatat penjualan obligasi
Ketika obligasi dijual, kita mengkredit akun investasi sebesar biaya obligasi. Selisih antara hasil penjualan bersih dari penjualan harga jual dikurang komisi broker) dan biaya obligasi dicatat sebagai keutungan atau kerugian.

5. Akuntansi untuk Investasi Saham

Kepemilikan kurang dari 20%
Berdasarkan metode biaya, investasidicatat pada biaya perolehanya dan pendapatan hanya diakui ketika dividen kas diterima.

Mencatat pembelian pada investasi saham
Pada saat pembelian suatu saham,berlaku prinsip harga perolehan.

Mencatatpenjualansaham
Ketika saham dijual,
selisih antara penjualan bersih dan biaya perolehan saham diakui sebagai keuntungan / kerugian.

Kepemilikan antara 20% & 50%
Ketikaperusahaan investor hanya memiliki sebagian kecil dari kepemilikan saham perusahaan lainya, investor tidak dapat mengendalikan investee. Tetapiketika investor  memiliki antara 20% dan 50%saham biasa sebuah perusahaan, dipastikan bahwa investor memiliki pengaruh signifikan atas aktifitas keuntungan dan operasi dari  investee.

Kepemilikan lebih dari 50%
Sebuah perusahaan  yang  memiliki lebih dari 50% saham biasa entitas dikenal. Entinitas yang sahamnya dimiliki oleh induk perusahaan disebut anak perusahaan. Sehingga ketika perusahaan memiliki lebih dari 50% maka saham biasa perusahaan pada umumnya perusahaan harus membuat laporan keuangan konsolidasi yang didalamnya menyajikan total asset dan kewajiban yang dikendalikan oleh induk perusahaan,

6. Menilai & Melaporkan Investasi

Katagori Sekuritas
Sekuritas untuk di perdagangkan
Sekuritas yang tersedia untuk dijual
Sekuritas yang dimiliki hingga jatuh tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar